Wednesday, December 28, 2011

Kesimpulan-kesimpulan - Bhg 5

بسم الله الرحمن الرحيم Kesimpulan-kesimpulan Bagian Kelima   Dari sejak awal bangsa Khazars secara umum rakyatnya bersikap toleran. ... thumbnail 1 summary
بسم الله الرحمن الرحيم

Kesimpulan-kesimpulan
Bagian Kelima

 
Dari sejak awal bangsa Khazars secara umum rakyatnya bersikap toleran. Adanya suatu mobilisasi Kagan dari masa awal kerajaan Khazar menunjukkan bahwa ada orang dengan segala rupa model, baik rambut, ruang tempat tinggal, dan gaya hidup di dalam negeri itu. Tetapi merupakan sebuah kekeliruan untuk menginterpretasikan sumber Islam yang membantah bahwa bangsa Khazars bukanlah bangsa Yahudi. Agaknya penduduk asli kerajaan Khazaria berasal dari campuran suku bangsa yang berbeda – seperti orang Iran, Turki, Slavia, Yunani, Goths, dan yang lainnya - dan kita tidak bisa mengharapkan mereka untuk selalu melaksanakan kepercayaan suku Khazar sebagai penguasa, karena raja Khazar tidak pernah memaksa agama Yahudi atau Judaisme kepada mereka.

Tampaknya setelah jatuhnya kerajaan mereka, bangsa Khazars mengadopsi naskah Cyrillic sebagai pengganti bahasa Ibrani dan mulai berbicara dengan bahasa orang Slavia Timur (kadang-kadang disebut "Canaanic" karena Benjamin dari Tudela menyebut Kievan Rus sebagai "Wilayah Kanaan"). Yahudi yang berbicara dengan bahasa Slavic ini didokumentasikan untuk menjaganya tetap hidup di Kievan Rus selama abad ke-11 dan abad ke- 13. Bagaimanapun juga Yahudi yang berbahasa Yiddish yang berasal dari Barat (terutama Jerman, Bohemia, dan wilayah lainnya dari Eropa Tengah) segera mulai membanjiri ke wilayah Eropa Timur, dan dipercaya bahwa imigran-imigran yang lebih baru ini pada akhirnya melebihi jumlah keturunan bangsa Khazars. Jadi; Dengan demikian, orang Yahudi Eropa Timur sebagian besar keturunan yang nenek moyangnya berasal dari Eropa Tengah daripada berasal dari kerajaan Khazar.

Kedua kelompok (Yahudi Barat dan Timur) saling menikah antar sanak keluarga selama berabad-abad lamanya. Gagasan ini bukanlah baru. Dalam sebuah catatan kaki di Bab 2 Sejarah Bangsa Yahudi di Rusia dan Polandia Volume 1 (terjemahan Inggris, 1916), sejarawan besar Yahudi Ashkenazi, Simon Dubnow menulis:

"Adalah sungguh sangat mungkin bahwa secara umum ada percampuran antara pemukim yang berasal dari kerajaan Khazar, dari Crimea, dan dari Timur, yang setelah itu bersatu dengan dengan unsur –unsur yang datang dari barat." (halaman 39).

Yahudi Ashkenazi adalah juga keturunan langsung dari bangsa Israel. Test-test genetik kelihatannya menunjukkan bahwa jalur keluarga Yahudi sebagian besar datang dari daerah yang dikenal dewasa ini sebagai Turki, Armenia, Israel, dan Iraq. Mediterania Fever , sebagai contoh, ditemukan diantara beberapa Yahudi Ashkenazi seperti juga bangsa Armenia dan Turki Anatoli. Banyak Yahudi Ashkenazi yang tergolong kepada kasta pendeta (Kohenim) memiliki "Cohan Modal Haplotype“ (CMH) dalam Y-chromosome mereka. Sementara tidak eksklusif kepada Yahudi, CMH itu ditemukan kebanyakan pada orang-orang dari daerah Mediterania sebelah timurlaut (dan kebetulan, diantara bangsa Arab Palestina), dan distribusinya mendukung klaim bahwa Yahudi yang mempunyai CMH bergaris keturunan dari nenek moyangnya dari Timur Tengah.

Hasil studi genetika yang dikeluarkan pada bulan Mei tahun 2000, yang dipimpin oleh Palu Mikhael, menetapkan bahwa hasilnya menunjukan bahwa Yahudi Ashkenazi lebih berhubungan erat dengan Yahudi Yaman, Iraq, Sephardim, Kurdi, dan Arab dibanding dengan populasi orang Eropa Kristen, dan bahwa mereka hampir tidak melakukan perkawinan dengan golongan lain atau perpindahan agama telah terjadi untuk mempengaruhi kelompok Yahudi selama berabad-abad lamanya. Sebuah studi tahun berikutnya yang dilakukan oleh Ariella Oppenheim et al. menunjukkan mengapa penting memasukan banyak perbandingan-perbandingan antar kelompok etnik; Hammer telah gagal dalam menguji Kurdi dan kelompok Slavic selain dari bangsa Rusia, sedangkan regu Oppenheim mengikutinya dan oleh karena itu sedikit banyaknya kesimpulan-kesimpulannya berbeda.

Tetapi secara umum, bukti dari kedua studi kuat bahwa kebanyakan Yahudi Ashkenazi merupakan keturunan dari Judean dalam garis keturunan mereka dari pihak ayah. DFNB1, sebuah mutasi genetik yang menyebabkan ketulian, mempengaruhi orang Yahudi seperti juga Palestina dan penduduk Mediterania, menurut riset yang dilakukan oleh Dr. Aravinda Chakravarti. Sebuah mutasi tertentu yang menyebabkan kekurangan faktor pengentalan XI ditemukan diantara Yahudi Iraq dan Yahudi Ashkenazi, dari satu nenek moyang masa silam yang sama yang sudah berumur lebih dari 2000 tahun lalu. Diskusi dan ringkasan bukti genetik ada disini.

Ahli genetika kependudukan, Nathaniel Michael Pearson bekerja untuk Human Genome Project beberapa tahun lalu dan membantu mengumpulkan sampel DNA dari bangsa Caucasia Utara, orang Turki, Cina-Tibet, dan kelompok lainnya. Pearson berasal dari latar belakang Yahudi Ukrainia dan membandingkan sampel Y-chromosome ayahnya dengan orang-orang dari kelompok lainnya. DNA nya cocok dengan seorang Uzbekistani Uzbek, Uzbekistani Tajik, dan dua orang dari New Delhi, India Utara. Pearson percaya bahwa Haplotype Central Asia yang ia miliki bisa sampai ke Turki Khazar.

Akan tetapi ia mengatakan kepadaku bahwa haplotype ini "muncul hanya pada sepasang suami istri persen frekuensi dalam sejumlah besar sampel Ashkenazi (dan dengan aneh menunjukkan sesuatu yang sedikit lebih tinggi, tapi masih tetap rendah, frekuensi antar Yahudi Maroko)". Dengan kata lain, keterangan ini kemungkinan memperlihatkan keturunan nenek moyang Khazar berasal dari kelompok minoritas daripada mayoritas Yahudi Eropa Timur. Dan sementara studi DNA ibu (mtDNA) menunjukkan hubungan substansial antara Yahudi Ashkenazi dengan orang Eropa, ini masukan non-Israel ke dalam Yahudi Ashkenazi genepool tetap masih tidak menunjukkan mayoritas jalur jumlah keseluruhan nenek moyang keluarga Yahudi Ashkenazi pihak ayah dan ibu, dan mungkin hanya sebagian dari orang Eropa ini masuk yang datang dari wanita-wanita Khazar.

Tambahan, test genetik yang lebih komrehensif akan membantu kita untuk memahami seberapa jauh tingkat sumbangan Khazar kepada Ashkenazi genepool . Sekarang, saya dapat menunjukan bahwa keturunan Israel dapat dirunut di antara orang Yahudi Eropa Timur yang datang dari tiga sumber:

(1) Yahudi Sephardic yang melarikan diri dari Spanyol dan Portugal dan menetap di Lithuania dan Polandia

(2) Yahudi Roma

(3) Yahudi Khazaria yang menggabungkan dengan bangsa Israel, seperti Schechter Letter menyatakan "mereka menjadi satu orang"

Bangsa Khazars dan bangsa Israel bercampur satu sama lain.

Apakah semua Yahudi di seluruh dunia berasal dari keturunan bangsa Khazars? Pasti tidak. Jalur keluarga Yahudi Eropa Timur aslinya secara substansial dari Judea masa silam, dan yang sama berlaku untuk hampir semua populasi Yahudi modern (terkecuali kelompok-kelompok seperti Yahudi Libya dan Yahudi Etiopia ). Tetapi, itu adalah masuk akal untuk menyimpulkan bahwa beberapa Yahudi juga mempunyai beberapa nenek moyang Khazar.

"Berfikir tanpa kotak"

Ar Ra'isul Mutakallim, Tabligh Ki Zabaan (Lidah Tabligh) Hadrat Maulana Umar Palanpuri Rahmatullahu 'alaihi berkata: "Orang yang kuat adalah orang yang sanggup bertahan dalam arus kerosakan. Orang yang lebih kuat adalah orang yang sanggup melawan arus kerosakan. Namun orang yang paling kuat adalah orang yang sanggup merubah arah arus kerosakan hingga menjadi akannya arus kebaikan.”

“Dajjal bersama tenteranya mempunyai kekuatan yang amat istimewa dan amat tersusun. Begitu juga Yakjuj dan Makjuj membuat huru-hara di seluruh dunia. Kehebatan mereka tiada siapa yang dapat melawan dan orang beriman berundur dengan hanya makan zikir dan tasbih."

"Allah zahirkan kudratnya hanya dengan labah-labah yang kecil dijadikan asbab untuk menggigit tengkuk-tengkuk mereka hingga mati. Mayat mereka begitu busuk diseluruh dunia. Orang beriman tidak tahan terus berdoa pada Allah. Allah ta'ala hantarkan hujan dan banjir menghanyutkan mereka ke laut. Inilah yang akan berlaku di akhir zaman nanti."

"Amalan dakwah memisahkan hak dan batil seperti air menghanyutkan sampah dari emas dan logam-logam yang lain. Namun pekerja² agama jika wujud cinta dunia dalam hati mereka seperti emas dan disaluti logam-logam lain, maka banyak masalah yang akan timbul.”